Menapaki Yogyakarta kembali...

Wednesday, June 20, 2012


Setelah 10 taun gak ngeliat Yogyakarta (YK) akhirnya liburan panjang kemaren dengan tiba2nya terbersit untuk pergi ke sana. Pengennya sih naek kreta, tapi takut ribet disananya. Akhirnya diputuska bawa kendaraan sendiri aja. Busyawwww...ternyata lama ya boooo...jauh cyinnnn...perginya 14 jam n pulangnya 16 jam (itu udah karna macet dan istirahat). Prasaan dulu kalo pake bis dari sekolahan gitu gak sampe 12 juga. Tapi ya sutra lah...nasi sudah jadi bubur. besok2 sih mending kretaan trus disananya sewa mobil aja. Emang sih kayaknya lebih irit. Biaya bensing 500K masih ada sisa juga 1/4 nya.

YK adalah kota fave yang paling nomer 1 buat aq. Auranya enak aja. Nyaman, adem, kekeluargaan, orangnya ramah2, sopan, jawa bangeud deh. Tapi yang gak kuat cuma 1, yaitu panasnya bikin migren. Tapi intinya YK buat aq adalah kota ternyaman di Indonesia (dari beberapa kota yang pernah disinggahi...#sombongggggg#).  







 Berhubung dadakan, jadi baru nyari2 hotel dijalan. dan bener aja penuh semua. Akhirnya googling dan nemu deh di kaskus (thanks to kaskus). Ada yg posting Ndalem Gamelan. Penginapan dengan 3 kamar dan tampak enak. Bener aja enak, alhamdulillah. Tar ya aq bahas khusus buat tempat penginapan yang satu ini.
Ndalem Gamelan
Odong2 lampu
 Liburan kali ini cuma punya waktu 1,5 hari untuk menumpahkan kerinduan suasana YK (kayak lagu aja...xixixi). Binun nih kmana dulu. yang pasti ke pohon bringin kembar dong yang ada di Kraton YK. Malem2 ksitu enak banget. Pasti banyak yang lagi nyoba jalan dengan tutup mata...xixixixi. Pengen coba lagi tapi kayaknya bakalan belok lagi ko...jadi mending gak usah. Jam 10 malem baru sampe di tempat ini. Rameeee banget...banyak jajan kaki lima yang pasti ditambah mainan2 anak. Yang bikin kagetnya banyak odong-odong (kalo kata orang Bandung) yang berlampu kedap-kedip. Wahhhh senangnya...apalagi Tabee langsung mrengek minta naik itu. Boro2 anak kecil...aq aja pengen cepet2 naik...

Kalo soal makanan ya gudeg udah paling top..."Gudeg Yu Njum" yang paling top menurut aq. Slain gudeg gak ada lagi yang aq cari. Oya, kmaren nemu bakpia baru selain yang bernomer2 itu, namanya Bakpia Ruminten (itu lohhhh yang punya Mirota).
 
Aq n Nyenye di Kraton
Salah satu kolam mandi di Taman Sari
Hari brikutnya, pagi2 aba udah ngajak spedahan ke Malioboro. Kebetulan  SelB (Sepeda Lipat Bandung) ikut acara di Prambanan, jadi niat banget bekel 2 seli (bikin bagasi penuh aja).Cerita sepedahan tar yaaa di judul yang berbeda…hehehhe. Abis sepedahan siangnya baru ke Keraton. Tampak banyak perubahan. Dulu kayaknya bersih banget, trus masih ada penjaga2 yang pake baju kraton. Skarang tempatnya tampak sperti gak trawat, nyari2 penjaga yang pake baju adat aja susah. Yang bergentayangan malah pedagang-pedagang kaki lima. Dari situ ke qta lanjut ke taman tempat pemandian putri2 'Taman Sari trus lanjut ke museum kereta. Semuanya mengingatkan aq, kalo ternyata qta punya sejarah dan sangat tinggi nilai2 sejarah itu (beuhhh…jadi kangen pelajaran sejarah).

Tabee Berkuda
Tabee n Aba main pasir di Partis
Pulang dari kraton langsung bingung. Antara candi Prambanan or Pantai Parangtritis. Tapi berhubung waktunya sebentar pengennya 2-2 nya dapet dan memutuskan ke Partis dulu. Kalo ada waktu baru deh ke Prambanan (secara dari ujung ke ujung). Tapi ternyata gak cukup 4 jam bersenang2 di pantay. Ampe maghrib aja gak kerasa. Soalnya udah banyak yang didapet di Partis, jadi serasa cukup dan betah dan gak berfikir lagi harus menuju Prambanan. Bernang2 di pinggir pantay, naik kuda, delman, ATV, makan kelapa muda…wahhhh pokoknya surge dunia. Abis gitu skarang ada kolam renang dadakan pula. Lucu banget deh. Pasir dikeruk ukurang 10mx10m lah…besar ko. Dasarnya pake terpal, aernya anget pula (gak tau dari mana, katanya dari dalem, dalem mana ya???) Bayarnya cukup 3 ribu saja. Anak n dewasa sama. Tapi harus bersih2 dulu, biar gak banyak pasir di kolamnya. Cuci kaki juga bisa…seribu aja…hehehhe. Malemnya kembali lagi ke bringin (tempat fave banyak org selain Malioboro). Makan2 ama naek odong2 lampu dengan bayar 20.000 sekeliling. Udah bayar berat pula disuruh ngayuh (srasa jadi tukang becak).

Besok paginya  dengan memakai becak aq n nyenye ke Malioboro. Ternyata oh ternyata Malioboro penuh banget. Masuk ke Pasar Bringharjo busyaw dehhhhh…gak bisa gerak…keluar lagi masuk Mirota dan owhhhh sama aja. Lupa kalo saat itu lagi liburan panjang. Numplek dong orang2 di Malioboro tercinta itu. Serasa di Pasar Baru Bandung kalo lagi menjelang lebaran…xixiixi. Gak sampe sejam nyenye udah ‘rungsing’. Ya dah akhirnya balik lagi ke Gamelan dan siap2 check out menuju Prambanan n pulang ke Bandung tercinta.

Sampe di Prambanan…ohhhhh god…panasnyaaaaaa…topi dan paying jangan ketinggalan. Hebat deh panasnya bikin gosong. Untung ke candinya gak pake naek2 kayak Borobudur. Prambanan itu indah dan cantik kalo mnurut aq. Kalo Borobudur kah gagah, megah dan besarrrrr. Emang sih gak banyak yang bisa diliat. Cuma foto2 aja. Lebih seru makan dan nyari pernak perniknya.
Gak krasa udah jam 3 sore…ayoooo pulangggg…perjalanan sangatttt jauhhh. Dah Jokjaaaa…I’ll be back soon…(hehehehe) tapi ogah pake mobil ah, mu pake kreta aja. Soalnya booooo…jam 3 dari Jokja sampe2 jam 8 pagi besoknya…brapa jam coba duduk manis di mobil…bikin tepos aja.
Yang pasti liburan dadakan ini sangat menyenangkan. Tunggu crita liburan dadakan slanjutnya lagi yaaaa…




"Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja
Di persimpangan langkahku terhenti
Ramai kaki lima
Menjajakan sajian khas berselera
Orang duduk bersila
Musisi jalanan mulai beraksi
Seiring laraku kehilanganmu
Merintih sendiri
Ditelan deru kotamu ...
Walau kini kau t'lah tiada tak kembali
Namun kotamu hadirkan senyummu abadi
Ijinkanlah aku untuk s'lalu pulang lagi
Bila hati mulai sepi tanpa terobati"

Yogyakarta-Kla Project

0 Comments:

Post a Comment

ala bumbaaa... Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino