Pastry ala Bunda...

Monday, March 4, 2013

Gara2 disuguhin pastry fresh from d oven (masih panassss) sama spupunya aba, jadi aja terus2an bikin pastry ini.
Kayaknya ini cemilan paling gampang buatnya. Gak susah bahan n gak perlu mikir dan yang pasti gak butuh banyak waktu

Biar gak repot beli dulu "Puff" nya yang udah jadi aja, soalnya kalo bikin wahhhh ribet n lama (jadi gak praktis deh kcuali emang niat bikin yaaaa). Aq beli di Giant merek "EDO" (kayak di pic bawah ini). Harganya kalo gak salah 22.000. Dalemnya ada 4 lembar puff.
Kalo dikinin pastry, 1 lembarnya bisa jadi 60 biji pastry (banyak kan?)


Bahan dasar
Cara membuat:
1. Bahan dasar puff ini isinya 4 lembar (dilipet-lipet). Kita musti gunting dulu biar bikinnya selembar2 aja (kalo gak digunting panjang banget soalnya. Nah abis digunting, lembarannya ditabur terigu biar gak lengket.

2. Potong2 lembaran puff (ukuran sesuai selera) menggunakan pisau. Kalo aq sih di bagi sama rata aja ngikutin ukuran lembarannya (bagunya ukuran 3cm x 6cm).

3. Setelah dipotong langsung di simpen di loyang yang sudah ditaburi terigu atau mentega (biar gak lengket pas ngambilnya nanti).

4. Olesi bagian atas dengan kocokan kuning telur.

5. Nah bagian terakhir ini yang menjadi kreasi sendiri. kalo mau polos (asin) cukup dengan olesan kuning telur saja, tapi biar menarik bisa ditaburi piterseli. Bisa juga memakai irisan keju (bisa chedar atau yang lembaran) atau mau ditaburi parut keju bagus juga (soalnya kalo rasa sih sama2 aja ).
Pernah juga nyoba pake selai blueberry dan stroberi (enak nih asin manis, kayak genji pai). Berhubung aba suka kismis jadi seringnya sih ditabur kismis.

6. Kalo dah selesai berkreasi topping, langsung masukan loyang ke pembakaran kue (oven) selama 20 menit dengan panas kira2 175°-200°.

7. Kalo dah mengembang dengan lapisan-lapisan puff  yang sudah merekah dan warna kekuning-kuningan tandanya udah mateng dan siap dihidangkan dalam keadaan hangat.

Oya, kalo aq sih suka ditabur lagi gula halus. Rasanya smakin enak deh. 

Pastry Kismis tabur gula halus



Pastry asin piterseli

Pastry keju tabur gula halus
Slamat mencobaaaa....   





0 Comments:

Post a Comment

ala bumbaaa... Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino