Kapan waktu terbaik untuk membeli emas?

Thursday, August 11, 2011

Banyak orang bertanya kapan waktu terbaik untuk membeli emas sedangkan harga terus berubah,  hampir di setiap jam.  Saat ini harga emas terus meningkat dan  kadang-kadang ada “trend” baik ke atas atau ke bawah.  Bisa kita lihat di berita, setiap hari harga emas berfluktuasi.  Biasanya naik turunnya harga emas ini diukur dari segi dolar AS per ons. Tapi apa yang sebenarnya terjadi?  Apakah ini ada artinya?

Trend Emas
Kecenderungan emas naik dan turun dalam kaitannya dengan nilai dolar. Nilai emas tidak benar-benar mengalami banyak perubahan yang berarti. Bahkan jika kita memeriksa kembali melalui sejarah,  kita akan melihat bahwa nilai emas selama 200 tahun terakhir ini hampir tidak berubah sama sekali dibandingkan dengan nilai barang lainnya. Satu ons emas hari ini dapat digunakan untuk membeli sejumlah barang yang sama seperti yang terjadi 50 tahun yang lalu. Daya belie mas dari tahun ke tahun relative stabil terhadap harga barang. Satu-satunya perubahan sebenarnya adalah nilai mata uang (baca : rupiah, dollar, dsb) tidak emas. Inflasi dan resesi (untuk menggunakan kata populer), dapat mempengaruhi semua nilai mata uang fiskal tetapi umumnya tidak mempengaruhi emas.
Nilai satu ons emas, misalnya pada tahun 1800 adalah sekitar $ 19-20US per ons.Hari-hari ini berada di kisaran ditambah 900 per ons, dan meningkat. Fluktuasi emas yang kita lihat ini seolah-olah menandakan adanya kenaikan harga emas. Padahal bukan harga emas yang naik, tapi nilai mata uang yang digunakan untuk menukar emas itulah yang daya belinya terus turun.

Nilai Emas
Sebuah contoh yang baik dari penurunan nilai dolar adalah peningkatan jumlah dolar yang dicetak, menurut indeks harga konsumen barang yang dibeli dengan harga $ 20 pada tahun 1800 akan menjadi $ 216,86 pada 2005.  Ini diakibatkan penggunaan mata uang yang nilai daya belinya selalu turun setiap tahunnya.
Jika pemerintah memutuskan mata uang kembali ke standar emas dan setiap rupiah kembali oleh emas, maka akan ada begitu banyak rupiah yang dicetak dan akan mengambil Rp400.000 per gram emas untuk memastikan setiap rupiah diback-up oleh emas.
Akan sangat sulit untuk menegakkan dan mengembalikan semua jenis mata uang kepada standar emas. Namun tentu saja ada cara lain untuk melakukannya. Menyelamatkan harta kita dan menggantinya ke dalam bentuk emas akan lebih baik dan sebisa mungkin menghindari seminimal mungkin dari kepemilikan mata uang resmi yang tidak diback-up oleh emas.

Kapan Saatnya Membeli Emas ?
Jadi apa jawaban untuk pertanyaan itu. Kapan waktu terbaik untuk membeli emas?
Waktu terbaik untuk membeli emas yang benar adalah SEKARANG! Bahkan setiap waktu adalah waktu yang terbaik untuk membeli emas. Jika Anda masih akan mengumpulkan emas batangan dalam pecahan kecil kurang dari 5 gram selama 5 tahun ke depan, bias jadi suatu saat dengan uang yang sama, uang yang Anda gunakan sudah tidak mampu lagi menjangkau harga beli emas.

Sumber: http://www.emasbatang24k.com

0 Comments:

Post a Comment

ala bumbaaa... Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino