Perudangan....

Thursday, September 27, 2012


Penasaran banget pengen bisa masak seafood. Dulu pernah sih coba2 cumi saus tiram dan lumayan lahhhh hasilnya.
Nah, kmaren2 kan sering banget tuh ke HDL (disini enak smua, cuman suka kebanyakn saus di bumbu2nya) or ke Parit (kepiting saus Singapore nya top banget sama kerang saus padang).
Penasaran banget pengen bisa masak bumbu saus padang ala HDL dengan banyak rempah2 di dalem nya.
Ehhh…kebeneran deh…thanks to Aba yang udah bawa udang banyak dari Pangandaran. Jadinya bisa eksperimen dengan berbagai bumbu.

Awalnya bingung mu masak bumbu apa? Lagian ternyata bahan rempah nya pada gak ada. Jadi yaaaa seadanya aja deh. Yang pasti bumbu dasar buatan nene slalu siap sedia di kulkas.
Bumbunya udah di blender (bawang merah, bawang putting, kemiri, ketumbar) slalu menyertai dalam setiap masakan rumah.

Percobaan yang ptama ternyata yang ada cuma sambel del monte yang extra hot, bombay, terasi, tomat, merica dan saus teriyaki. Hmmmm dibuat apa yaaaa…
Tapi penasaran pengen buat saus padang. Ya udah deh jadiin aja, gak tau rasanya gemana heheheh. Pas jadi ternyata hmmmm enak sihhhh, cuma ko ada wangi apa gitu yang aneh. Pas dipikir2 kayaknya dari saus teriyaki xixixiixix. Tapi gak gagal2 amat sih. Cuma karena gak pake cabe rawit jadi rasa pedesnya kurang nendang.

Slanjutnya percobaan kedua. Ini sih udah diniatin pengen kumplit. Jadi pulang dari kantor sempet2in buat mampir ke supermarket biar bisa beli seperangkat rempah2 (salam, serai, daun bawang, dll).
Senangnya bawa rempah2 dan cabe rawit. Pasti jadi nih saus padang nya. Heheheheh…
Masuk ke dapur dengan smua bahan2 yang udah disiapin. Dan ternyataaaa…haduhhh bombay sama tomatnya habis dongggggg. Tapi ya sudahlah kan yang gak ada Cuma 1 item aja, yang lain dah siap jadi maju terus pantang mundur.

Ptama2 tumis dulu daun bawang, cabe rawit dipotong 2 ama terasi setengah dari ukurang sachet. Biar wangi numisnya campur mentega. Nah, kalo aq kana da bumbu andalan nih buatan nene. Jadi gak usah nyiapi bumbu dasar (bawang putih, merah, kemiri ama ketumbar). Langsung aja ambil sesendok diaduk sama tumisan. Trus  smua dimasukin, saus tomat, saus sambel dikit aja (kan dah ada cabe rawit), daun salam, serai, garam, gula putih, merica. Kalo mau wangi bawang sih bisa tabor bawang putih serbuk aja. Smua bumbu sudah kumplit dan barulah masukin udang. Sambil diaduk2 tambahkan air secukupnya. Abis gitu tutup deh wajannya biar bumbu cepat meresap di udangnya.

Stelah kurang lebih 20 menit (gara2 airnya kebanyakan) baru deh di buka sambil diicip2.Waaaaahhhh…pedeshhhhhhhhhhhhhhh bangeud. Berhasilllll…walo kepedesan gara2 cabe rawitnya kebanyakan.

Tapi Alhamdulillah ternyata ci gue bisa juga bikin seperti di HDL.                                          


Tunggu eksperimen berikutnya yaaaaa…  


 


 

0 Comments:

Post a Comment

ala bumbaaa... Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino